Diposkan oleh [Ai] Arema Indie | 50 komentar

AREMANIA VS VIKING DI SOLO, DAMAI?


MENURUT kalender hari ini Minggu, 16 Desember 2012 adalah jadwalnya Semi Final Inter Island Cup 2012, yang bakal diadakan di Stadion Manahan, Solo. Bakal ada 4 tim yang akan berlaga, di laga pertama pukul 15.30 WIB bakal tersaji laga Persib Bandung melawan Persisam Samarinda dan di laga kedua pukul 19.00 WIB ada Sriwijaya FC melawan Arema Indonesia. Bukan pertarungan 4 tim tersebut yang akan dibahas disini, tapi pertemuan 2 dari 4 kutub suporter terbesar di Indonesia. Kedua kutub tersebut adalah Aremania, suporter Biru dari Timur dan Bobotoh termasuk didalamnya Viking, kutub suporter Biru dari Barat yang bakal bertemu di satu event dan satu tempat netral diluar basis mereka masing-masing.

Seperti yang kita semua tahu hubungan kedua kelompok suporter sangatlah ga jelas, antara musuh atau kawan, tapi yang jelas mereka berkawan yang diaku saudara dengan musuh sejati masing-masing. Jika di timur Aremania mempunyai musuh sejati yakni Bonek, saling tau apa kelemahan, kelebihan, budaya, bahasa, hingga sejarah permusuhan yang lama. Begitu juga di barat Viking mempunyai musuh abadi The Jakmania, sama-sama mempunyai basis massa yang luas, sering bersinggungan di daerah abu-abu di pinggiran bassis utama mereka, dan juga mempunyai sejarah konflik yang lama. Dan Aremania berkawan dengan The Jakmania dan Viking bersaudara dengan Bonek.

Salah satu aksi Aremania di Stadion Manahan Solo, musim kemarin.
Sedangkan untuk sesama suporter yang menyadang warna kebangsaan Biru, Aremania dan Viking belum mengenal satu sama lain. Tak jelas antara kawan atau lawan, hubungan keduanya diwarnai panas dingin namun tak sampai ada insiden yang berarti yang membuat keluarnya pernyataan perang diantara dua suporter ini. Kalau dibilang tak akur, namun di Bandung sendiri eksis Aremania Parahyangan yang jelas-jelas ada, dan sempat bertemu Ketua Viking Heru Joko, yang sempat berusaha mengakurkan antara Aremania dan Viking walau masih belum kelihatan hasilnya. Jika dibilang adem ayem, tapi di dunia maya jelas sekali saling serang menyerang secara verbal seolah-olah ada dendam diantara mereka.

Selain itu selain hujat menghujat melalui lagu cukup sering dikumandangkan distadion ketika mereka mendukung tim kesayangan mereka, ada yang menganggap memang pernah ada kejadian yang menyulut perang dingin antara kedua suporter tersebut, namun tak jelas kejadian itu apa. Dan ada juga yang menganggap permusuhan antara 2 kubub biru ini hanya ikut-ikutan arus, karena solidaritas rasa persaudaraan dengan suporter oren dan ijo membuat 2 suporter biru harus bermusuhan, walau tak semua suporter baik Aremania atau Bobotoh yang menginginkan permusuhan ini.

Kembali ke Manahan Solo, sore nanti diperkirakan bakal dibajiri massa suporter beratribut biru dari timur dan barat. Maklum saja, akses dari Malang atau Bandung ke Solo cukup mudah dengan adanya jalur kereta api dan posisi Solo cukup strategis di tengah-tengah Pulau  Jawa. Sedangkan posisi dilematis dialami Pasoepati sebagai yang punya rumah, karena Pasoepati termasuk suporter yang akur dengan Aremania dan Viking. Memang hadirnya Aremania dan Viking cukup mengkhawatirkan hingga membuat Pasoepati yang notabene yang punya Solo harus mengadakan konsolidasi sendiri menyambut kedatangan para suporter ini. Yang akhirnya sampai keluar statement juga ultimatum untuk para suporter yang bertamu di Solo.

"Jika kalian berangkat ke Solo hanya untuk mencari keributan, maka tak segan segan Pasoepati akan membubarkan IIC. Kami akan berusaha mencari cara untuk mendamaikan Aremania dan Viking." - Pasoepati
Kekhawatiran akan terjadi gesekan bukan hanya diraskan tuan rumah, tapi dari Aremania dan Viking sendiri. Tak tanggung-tanggung pentolan dari dua kelompok suporter ini sampai harus membuat pernyataan menyongsong laga di Solo.

"Jangan malu mengulurkan tangan duluan terhadap Viking" - Yuli Sumpil, Dirijen Aremania
"Viking mah ti baheula ge teu boga masalah jeung Aremania, masalah urang mah jeung dejek, jadi Montong sieun ku Aremania, da urng mah teu boga masalah." (Viking dari dulu gak punya masalah sama Aremania, masalah kita hanya dengan Dejek. Jadi ga perlu sungkan sama Aremania, kita ga pernah punya masalah) - Ayi Beutik, Panglima Viking Persib Club
Aremania dan Viking di Stadion jalak Harupat, Kabupaten Bandung

Walaupun kedua suporter yang bermassa besar mempunyai reputasi yang cukup lumayan, jarang berbuat onar di daerah sendiri atau di daerah orang lain, kemungkinan adanya gesekan masih bisa terjadi mengingat adanya pihak-pihak yang ga senang dengan akurnya dua suporter biru ini. Jadi potensi adanya provokator yang memancing di air keruh bisa terjadi, apalagi jika ditunjang hasil yang negatif dari tim yang berlaga dilapangan. Semoga saja, tak terjadi.

Datang ke Solo untuk mendukung tim kesayangan, bukan untuk membuat onar
Jaga nama baik Arema (Kera Ngalam), Malang juga Aremania sendiri.

Not Orange or Green, This Is Blue
Bukan Oren ato Ijo, Ini Biru
-Salam Satu Jiwa-

50 komentar:

  1. tmn2 aremania pernah datang ke bdg, malah ada tmn dari aremania sendiri nginep di rumah saya. tapi entah gmn pertamanya hubungan antara viking dan aremania bisa menjadi kurang baik. tapi yg pasti kedekatan antara musuh2 nya itu menyebabkan viking-arema hubungan nya kurang baik, #respecteachothers

    BalasHapus
    Balasan
    1. nuhun... buat respon positifnya... sebenarnya ditiap kubu suporter selalu ada elemen yang menginginkan berakhirnya konflik yang ga perlu... namun karena tidak meratanya info yang positif, sehingga yang tersebar kebanyakan hina2an yang ga jelas seperti komen dibawah... wlaupun berat, damai antara bandung dan malang masih bisa diwujudkan...

      #respect

      Hapus
  2. yang jelas takkan pernah ada damai dengan suporter sombong aremania.....kami arus bawah bobotoh akan selalu meneror dimanapun aremaling berada...blegug sia arema

    BalasHapus
    Balasan
    1. arek blegug.. arek heunteu... kumaha aing jang... diteror, ujan batu, bahkan molotov udah pernah... nepi ayeuna arema tetep aya dimana2...

      #salambiru

      Hapus
  3. NO AREMANIA DI BANDUNG .
    DULUR KITA BONEK BUKAN AREMANIA .
    GERA USIRAN MUN AYA AREMANIA DI BANDUNG MAH ,
    JENG TUKANG BASO MALANG BISI GULINGKEN RODA NA ,


    THE JAK ANJING . ANJING PISAN . LEWIH ANJING DI ANJING

    BalasHapus
    Balasan
    1. Didiyeu eweuh Anjing, eweuh De Jek, eweuh Rambo Ijo, ulah dibawa2...
      Arema Parahyangan ada di Bandung, mun ente hayang nyaho markasna tanyakeun ka Heru Joko. Si Heru pernah diundang kesana, termasuk ketemu sama Agung Herkules dia salah satu tokoh Arema Parahyangan. Sok guling2keun, diduruk weh sakalian....

      di pacebok ge aya : http://www.facebook.com/pages/Aremania-Bobotoh-Satu-Warna-Bukan-Musuh/
      adminna budak Arema Bandung jeung Viking, mampir weh...

      Hapus
  4. musuhmu bukan berarti musuhku
    musuhku bukan berati musuhmu

    SALAM SATU WARNA BIRU SELAMANYA

    BalasHapus
  5. aku gk setuju lord lak viking damai karo arema .
    arema iku tetep jancok .
    by : bonek mania

    SALAM SATU NYALI ... WANI !!!
    SALAM SAKIT JIWA .. JANCOK !!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. nih yg bikin 2 biru terpecah. this is bonek.
      diam menakutkan,
      bergerak kocar kacir. <- slogan bonek

      Hapus
    2. tenang-tenang, disini bukan forum minta persetujuan... setuju ga setuju, urusan masing masing.... kan jadi keliatan gini, kulaitas orang dari komentarnya... mana yang sampah mana yang bukan... semoga cepat tobat...

      Hapus
  6. dzni bonekkk yg nylott lyat thu komen na mkir lah dh gede dajjal pha km y orng mau aklur d rcuni

    valeria aremanita lampung

    BalasHapus
    Balasan
    1. sabar... sabar... damai

      salam satu jiwa buat lampung

      Hapus
  7. kami memang satu warna tapi bukan berarti kita damai
    aing mah leuwih ngahargaan bonek

    BalasHapus
    Balasan
    1. urusan bonek rambo ijo, urusana masing-masing. masa suporter akur dimusuhin. ceu aing ge bandung jeung malang teu pernah aya kata damai jadi musuh, da ti bareto teu pernah jadi musuh...

      Hapus
  8. Dia raributan jeung sadulur bangsa bae mah bencong eta ngarana.. Mun wanimah sia datang tuh kapalestina,, ribut laju paeh sugan sugan asup surga.. Dari pada paeh ku sepak bola,. Yakin aing mah asup naraka... By jujuluk banten

    BalasHapus
  9. Udahlah kita bosan dengan kisruh supporter di negara ini, padahal para pemainnya sendiri bisa akur dengan pemain tim yg lainnya... :)



    #INDONESIA 1 dan tak pernah akan ada yg berkuasa dari 4 supporter tersebut...
    #1933 PRIDE!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Damai masih jauh, tapi bukan tak mungkin untuk diwujudkan...

      Hapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  11. Sporter sporter yg gak mau damai tuh udah soak otak nya :v
    mending damai semua biar aremania bisa dengan tenang nonton arema di bandung, dan sebaliknya..
    viking juga bisa nonton Persib di Jakarta,The Jak bisa nonton Persija di Bandung (y)


    -salam satu jiwa-

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya itu magsudnya... sudah seharusnya tak ada yang boleh melarang kita untuk mendukung tim kesebelasan kita dimanapun itu..

      Hapus
  12. tapi kalo yang main indonesia vs malaysia akur semua. malah indonesia musuhin malingsial

    BalasHapus
    Balasan
    1. itulah tandanya kita masih kedaerahan... ngomongin timnas kita menjadi satu sebagai satu nenara NKRI, kembali ke klub lokal kita kembali pecah ke ego kedaerahan...

      Hapus
    2. Kami semua suporter ingin damai

      Hapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  14. Sodara ku memang bijak ,.. Tapi belum tentu kita masih sodara lagi ,.. Bila kera malang berdamai dengan viking ,.OK lah persaudaraan kita berakhir sampai disini ,.. Sebenarnya bila kalian perlu diketahui Kami THEJAK MANIA bersodara dengan kalian itu karena Kami terpaksa ,.. Kalian tahu bahwa kami lebih banyak di benci oleh beberapa supporter besar .. Terus kami di hianati oleh kalian wahai arek ngalam ,.. SAKIT RASANYA SAKIT ...... kalian tahu beberapa sodara kalian sudah ada yg tidak mempercayai kalian lagi ,.. Mereka tersadar bahwa kalian telah memprovokasi mereka ..SEMUA SUDAH TAU BAHWA KALIAN TUHH RAJA PROVOKASI..

    *gue Bel Bel Setiawan asli Thejak X-Malang selaku dari beberapa Thejak yg benci kera ngalam.. THEJAK not Arema

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berak di celana lu tong.......gembel x-malang,unjukin muka lu !

      Hapus
  15. dari sampai kapanpun Aremania tetap bersaudara dengan The Jak seperti Aremania bersaudara dengan LAmania, Pasoepati dll... Aremania tetap akan membanjiri GBK saat Arema main... Aremania bakal berkawan dengan seluruh suporter di Indonesia tak harus minta persetujuan The Jak...

    negara ini sedang sakit, kekerasan, kebencian diobral dimana-mana. klo semua suporter sedang trend menyebarkan kebencian bukan berarti kita harus ikut-ikutan sakit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  16. MUSUH MU BUKAN MUSUH KU #1993

    BalasHapus
  17. Salam Satu Jiwa Aremania.LAmania,Deltamania

    BalasHapus
  18. mumusuhan moal aya hartina, komo deui ngaku boga agama mah, Salam Damai Suporter Indonesia (permusuhan tidak ada artinya, terlebih mengaku beragama, Salam Damai Suporter Indonesia)

    BalasHapus
  19. Kalau mau jujur, Mayoritas Bobotoh Persib termasuk viking tidak ada yg benci dgn Aremania... kalau the jak iya!
    kami membenci the jak tp bukan berarti ingin membunuh mereka!
    kami menyukai Aremania karena berbeda dgn the jak, menurut kami... #Respect
    Salam Damai...

    -Bobotoh Persib-

    BalasHapus
  20. Salam biru ......... .
    keributan di mana2 .. mending udahan ja cape lur .. jgan ampe ke bawa sama anak kita malu sebagai jadi ayah malu jga sebagai ibu .. jika mendidik anak nya untuk berbuat anarkis .. .. dan gak malu gtuh ama dunia . ??? sporter indonesia ke cap jelek ??

    haduh ..

    dan saya jga liat .. yang membawa permusuhan ,, anak2 kecil lur dari umur 15 - 20 han yang banyak di dunia maya dengan dendamnya membara ..

    liat yang udah di atas itu .. kami biru persib berteman baik dengan orange persija ...

    paduduluran teh urang eratken tong sampe ka pegat .. piken masa depan kaharepna jang anak2 urang .....


    PERSIB cinta damai ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini baru suporter yang dewasa.. hatur nuhun kang

      Hapus
  21. Semua supporter di Indonesia Teman Kami kecuali (The Jak) *titik

    #Respect from Bandung

    BalasHapus
  22. ane JAKMANIA jawabarat,,,, banyak temen ne juga aremania jawabarat... mungkin terlalu munafik min... kalo bilang aremania ma viking ga ada konflik... coba sedikit keluar dari zona nyaman ente sam,, sam bisa membirukan GBK,, itu karena siapa?? dulu juga bonek bisa meng IJO kan GBK,,, tapi demi sodara kami hilangkan warna ijo d GBK,,, :) mungkin ada benarnya ,,, untuk apa berselisih,, tapi faktanya beginilah adanya,,,, apalagi liat kmaren d tVone ,,, sebenernya siapa yg selalu ingin berselisih .. kalo bukan suporter dusun :),,, liat kemaren dikarawang,,, yg notabene semua aremania karawang,,, kami sudah sangat seperti sodara bahkan keluarga,,, antara THE JAKMANIA DAN AREMANIA,,, nah disitulah munkin muncul spekulasi y berbeda,,, ok mungkin kalo aremania yg asli malang,, atau yg tinggal dimalang,,, ga begitu merasakn gesekan antara aremania dan viking,, tapi saudara ane aremania yg ada di jawabarat,,, selalu mendapat gesekan,,, coba maen sam ke daerah karawang, cikarang, bogor :) disitu sam akan melihat betapa indahnya persaudaraan,,,,

    #SAJETE
    #SASAJI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aep Dadang,Ayi Burik,yana bool lagi bete...

      persiblemah

      Hapus
  23. OK lah, sekarang klian udh mngeluarkan smua kata2 yg memang ada ejekan juga sling ajak damai..
    skrg klian ptuskan, Viking-Aremania tu damai apa mzuh ??
    gaje bangsatt lah....

    BalasHapus
    Balasan
    1. AREMANIA SATU BIRU SATU WARNA AREMA SATU HATI DGN PERSIB

      Hapus
  24. AREMA ANJINK....

    BalasHapus
  25. Mungkin Kita Perlu di jajah sama Belanda dan jepang, Supaya Semuanya bisa bersatu

    BalasHapus
  26. koplakkkkkk semuaa nya..........................
    wkwkwkwkwkwkwkw

    BalasHapus