Diposting oleh [Ai] Arema Indie | 2 komentar

"SORE INI" : SUMBANGAN AREMANIA UNTUK DUNIA SUPORTER INDONESIA


Sudah lama sejak tulisan terakhir disini dan sekarang Ayas akan memulai kembali setelah vakuum lama karena sibuk dengan urusan duniawi. Terima untuk atensi nawak2 atas respon (baik yang positif ato yang negatif) atas tulisan Ayas.

TAUKAH UMAK LAGU "SORE INI" atau "AYO, AYO AREMA," lagu yang sebenarnya ga ada judulnya ini sekarang telah menjelma menjadi lagu kebangsaan bagi suporter lokal Indonesia, baik untuk mendukung kesebelasan lokal ataupun timnas. Saking anthem-nya lagu Sore Ini di dunia persepakbolaan Indonesia, sampai-sampai sutradara/komentator bola Andibachtiar "Ucup" Yusuf membuat film dengan tema sepakbola dengan judul dari unsur lagu tersebut, yakni "Hari Ini Pasti Menang." Siapakah sebenarnya pencipta lagu Sore Ini, dan siapakah yang pertama mempopulerkannya hingga lagu tersebut bisa dinyanyikan oleh suporter di Indonesia.

Adalah Yoseph Elcepet, salah satu dirigen Aremania selain Yuli Sumpil yang mengetahui secara jelas bagaimana lahirnya lagu yang paling "anthem" di kalangan suporter Indonesia. Seperti yang dimuat dalam majalah Tempo terbitan tahun 2007 lalu, lagu itu memang berasal dari markas Tim Singo Edan. "Tapi penciptanya tak keruan juntrungannya, ini hasil kerja keroyokan," kata pria yang biasa dipanggil Kepet itu. "Tapi, kalau tidak salah ingat, mungkin yang menggubahnya ke dalam bahasa Indonesia adalah Arlette."

Nama yang disebut Kepet itu adalah nama istri Juan Manuel Rubio, mantan pemain Arema asal Cile akhir 1990-an. Manuel adalah kakak penyerang bengal Arema yang tak boleh lagi bermain di Indonesia karena terlibat tawuran pada 2000, Pacho Rubio. Arlette pintar berbahasa Indonesia. "Pada 1997, Arlette menyerahkan sebuah kaset yang berisi tujuh lagu yang biasa dinyanyikan suporter nasional Cile. Dari lagu yang syairnya 'Vamos... Vamos Chile' itulah lahir lagu yang sekarang sering kita nyanyikan menjadi 'Ayo, Ayo Arema," ujar Kepet yang sudah pensiun dari dunia per-dirigenan.
  
Juan Rubio legenda Arema saat di Malang tahun 2000

Aremania di Kandang Bajul Ijo Persebaya. 16 Nopember 1997, dari koran Jawa Pos th. 1997

Aremania pertama kali menyanyikannya di kandang musuh bebuyutannya, Persebaya Surabaya, pada partai perdana Liga Indonesia IV 1997/1998 di Stadion Tambaksari. Walaupun banyak yang menyebut lagu inni berjudul "Sore Ini" atau "Ayo, Ayo Arema" sebenarnya Aremania tak berani mencantumkan label pada lagu jiplakan dari Cile ini. "Sampai sekarang lagu itu nggak ono judule (tidak punya judul), karena itu, silakan saja suporter klub lain memakainya. Aremania kian senang bila semakin banyak yang menggunakannya," kata Kepet sambil tertawa.

Dan kini sebagian besar suporter Indonesia menyanyikan "Sore Ini" tersebut saat bertanding. Tentu saja dengan modifikasi di sana-sini, seperti syair yang aslinya berbunyi "... sore ini kita harus menang..." kerap diubah menjadi "... kuyakin kita pasti menang...." dan lain-lain. Inilah salah satu sumbangsi Arema Aremania untuk dunia persuporteran Indonesia. Bahkan Goal.com Indonesia dalam ulasannya mengenai nyanyian suporter terbaik, lagu yang disebut dengan judul "Yo.. Ayo"sudah menjadi lagu nasional bagi kalangan suporter Indonesia.

Sejak Liga Indonesia digulirkan, dan lahirnya era suporter modern Indonesia, era suporter terorganisir, era suporter dengan nama dan identitas masing-masing, Aremania telah mengawalinya dan menularkan budaya tour terorganisir dan cara mendukung dengan atraktif. "Ayo, Ayo Suporter Indonesia, Ayo bersaing secara kreatif, Tunjukan dukunganmu terhadap tim kesayanganmu tanpa rasis dan anarkis, Sore Ini Kita Pasti Menang"


2 komentar:

  1. Dengan terhormat, aku bisa klarificasi beberapa info dalam artikel ini.
    Pertama lagu ini punya judul, yaitu VAMOS LEONES (Ayo Singa2) yang lahir di kubu suporter tim Universidad de Chile pada awal 90 an.
    Yang translate lagu itu adalah aku, karena pada tahun 1996 mantan istriku (Arlette) ngak begitu lancar bahasa Indonesia pada waktu itu.
    Lagunya di nyanyi pertama kali secara resmi dengan stadion penuh di mana seluruh suporter benyanyi dengan dada penuh entusistis adalah lawan Persebaya di Gayajana (0-0) di bawa hujan deras. Aku menharap semua info ini bisa klarifikasi berita menarik ini. SASAJI DARI CHILE !!
    Juan Rubio.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima Kasih atas klarifikasinya, sebuah kehormatan karena sang legenda hidup señor Juan Rubio sendiri yang sudi memberi masukannya langsung dari chile. Ayas berjanji akan memposting lagi, artikel ini dengan tambahan dari klarifikasi sam juan Rubio... nuwus
      Salam Satu Jiwa

      Hapus